Thursday, May 29, 2014

Makanan untuk kecerdasan otak anak

Semua orang tentunya menginginkan kecerdasan, dan tidak terlepas juga bahwa orang tua sangat menginginkan anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas yang kelak akan menjadi kebanggaan. Ada beberapa anggapan bahwa kecerdasan itu berasal dari keturunan, namun sebenarnya bukan hanya itu yang menyebabkan seseorang menjadi cerdas. Banyak faktor yang bisa membuat seseorang menjadi cerdas. Salah satu faktor yaitu asuapan nutrisi.

Memberikan asupan makan yang bergizi kepada anak tidak hanya akan menjaga kesehatannya namun juga akan merangsang kecerdasannya.  Menu makanan seperti buah-buahan, sayuran, daging dan ikan bisa mencukupi vitamin dan mineral utama yang dibutuhkan untuk kesehatan mental dan fisik anak. Berikut adalah beberapa makanan yang dipercaya dapat merangsang kecerasan anak. Hal tersebut dikarenakan makanan tersebut dapat merangsang pertumbuhan sel-sel otak pada anak :
  1. Ikan Salmon : Ikan salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3 dan asam eikosapentanoat (EPA) yang berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Pakar kesehatan menunjukkan bahwa orang yang memperoleh asupan lemak lebih banyak akan memiliki pikiran lebih tajam dan mencatat hasil memuaskan dalam uji kemampuan

  2. Sayuran berwarna : Sayuran memiliki banyak sekali mamfaat bagi tubuh kita. Selain dia mampu untuk mencegah kanker, sayuran yang berwarna seperti wortel, tomat, bayam atau labu memiliki zat antioksidan yang kaya. Antioksidan dipercaya dapat membantu pertumbuhan otak anak.

  3. Telur : Telur kaya akan protein yang sangat baik untuk kecerdasan. Terdapat kolin didalam kuning telur yang terbukti membantu perkembangan memori. Untuk memperoleh kenikmatan dalam mengkonsumsi telur, maka dapat disediakan dengan jenis olahan yang bervariasi sehingga anak tidak akan bosan dan selera.

  4. Kacang-kacangan : 
    Kacang merah mengandung protein,  serat, vitamin, dan mineral serta karbohidrat kompleks yang diolah menjadi energi dan sangat baik untuk aktivitas sel-sel otak serta tubuh anak. Menurut hasil penelitian, kacang merah dan kacang pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 daripada jenis kacang lainnya, khususnya ALA, jenis asal omega 3 yang penting bagi pertumbuhan dan fungsi otak.
Selain dengan memberikan asupan yang baik bagi kebutuhan otak, untuk membuat anak menjadi cerdas maka otakpun harus sering diasah. Berbicara dan bercerita, menyanyikan lagu anak-anak, bermain puzzle, angka, halma, congkak, kartu, monopoli dan computer dapat dilakukan untuk merangsang otak anak.

No comments :

Post a Comment