Sunday, April 27, 2014

Penyebab beruban di usia remaja

Penyebab beruban di usia remajaSemua orang tentunya pernah mengalami permasalahan yang berhubungan dengan rambut walaupun ada sebagian kecil orang yang tidak mengalami hal tersebut. Masalah tersebut misalnya ketombean, rambut rontok atau bahkan beruban. Setiap masalah tersebut tentunya ada faktor penyebabnya. Sepertinya halnya uban. Uban dapat terjadi karena berkurangnya sel melanin yang merupakan pigmen alami rambut. Karena melanin tersebutlah maka rambut kita dapat berwarna hitam. Maka apabila zat tersebut tidak diproduksi lagi itulah yang dikatakan rambut beruban. Rambut tidak lagi berwarna hitam melainkan akan berwarna putih.

Proses tersebut hakikatnya terjadi secara alamiah seiring dengan bertambahnya usia. Semaikin tua seseorang makan produksi sel melanin akan semakin berkurang. Akan tetapi uban di usia remaja bukan sesuatu hal yang hakikatnya terjadi. Berkurangnya sel melanin pada usia remaja dapat terjadi karena beberapa faktor. 

Faktor tersebut antara lain pemakaian zat kimia tertentu, pemakaian shampo ataupun faktor genetik. Pemakaian zat kimia dan shampo yang salah ini bisa menghambat produksi melanin, terutama bagi seseorang yang memiliki kulit kepala sensitif. Selain uban yang tumbuh, hal ini juga merusak sel-sel rambut.

Selain itu stress juga berkontribusi menghambat sel melanin dari folikel rambut ke daerah kulit kepala.  Sehingga hal ini menyebabkan rambut berwarna putih tumbuh. Stress pada remaja bisa terjadi akibat dari tugas yang menumpuk, ataupun memikirkan banyak pelajaran. Remaja pemikir cenderung lebih cepat memiliki uban pada rambutnya.

Untuk mengatasinya ada baiknya mencegah stress, bersantai dan rileks bisa menunda tumbuhnya uban pada rambut. Penting untuk selalu menjaga kebersihan rambut. Karena kesehatan dan kebersihan rambut juga berperan dalam produksi sel melanin pada rambut. Dreamers, perawatan rambut secara alami dan rutin juga membantu kamu mendapat rambut hitam dan sehat.




No comments :

Post a Comment